Momen Agustus seolah kurang meriah tanpa adanya sederet lomba yang menghiasinya. Dimana tidak, hampir diseluruh penjuru Nusantara pasti pada saat ini telah ramai – ramainya dengan kegiatan lomba tersebut. Dan ternyata di kawasan Tengger, khususnya daerah Nongkojajar juga tak terlewatkan dengan sederet ajang lomba yang menghiasi momen Agustus kali ini.

Pada ulang tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74 ini, pada tanggal 10 Agustus 2019 di Nongkojajar diawali dengan lomba lari Marathon tingkat SMP dan SMA se kecamatan Tutur. Jadi dengan kata lain, semua sekolah di Kecamatan Tutur wajib untuk mengajukan perwakilan sekolahnya masing – masing untuk mengikuti lomba lari Marathon ini.

Untuk tahun 2019 ini SMP dan SMA Kristen Baithani Tutur tak mau kalah dengan sekolah lain loh, hal ini terbukti dengan dikirimnya beberapa peserta didik untuk mengikuti Lomba perdana di momen 17 Agustusan ini. Dengan siapnya Bpk. Yosep Krisdianto selaku Guru dari Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga SMP – SMA Kristen Baithani Tutur mengantar peserta didiknya ke arena perlombaan.

Perlombaan lari Marathon pun dilaksanakan pada pukul 7:30 WIB, dengan jarak tempuh sekitar 3 Km, para peserta lomba perwakilan sekolah – sekolah sekecamatan Tutur terlihat sangat antusias, sepertinya mereka memang siap dan senang dalam mengikuti lomba perdana ini.

Pada pertengahan jalan, mulai satu persatu mulai terlihat peserta lomba yang berguguran, baik itu dikarenakan kelelahan dan juga dikarenakan kurangnya pemanasan dalam mengikuti lomba, akan tetapi hal ini tidak jadi masalah yang besar dikarenakan setiap sekolah, ada guru yang bertugas untuk mendampingi para peserta didiknya yang mengikuti lomba.

Pada pukul 08:05 terlihat peserta didik bernama Tenus Kulka dari Papua dan disusul pada menit ke 08:06 peserta didik bernama Gilbert Timotius Putra dari Jakarta telah menyelesaikan perlombaan lari Marathonnya. Dan akhirnya peringkat juara 1 diperoleh oleh Tenus Kulka dan peringkat juara 3 diraih oleh Gilbert Timotius Putra.

Sungguh membanggakan jika tahun ini kembali SMA Kristen Baithani Tutur mengukir prestasinya dibidang olahraga, selamat untuk Bapak Yosep Krisdianto selaku guru bidang olahraga, dan selamat untuk Tenus Kulka sebagai peraih juara 1 marathon serta selamat untuk Gilbert Timotius Putra sebagai peraih juara 3 marathon.

Dengan kemenangan ini, memang sepertinya kemenangan itu seolah – olah sudah menjadi tradisi bagi SMA Kristen Baithani Tutur setiap tahunnya. Semoga dengan ini pula SMA Kristen Baithani Tutur terus menjaga kualitas pendidikan dibidang olahraga, terus maju Baithani School. Tuhan Yesus selalu memberkati.