Untuk tahun ini ada yang berbeda memang dengan Ujian Akhir Sekolah SMA yang mana untuk peserta didik tingkat 12 ujian akhir sekolah biasa disingkat dengan sebutan UAS, sekarang telah berubah menjadi USP-BKS yang merupakan singkatan dari Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone.

Bukan Jawa Timur memang kalau tidak terus berinovasi dan berlomba – lomba menjadi provinsi acuan untuk perkembangan dunia pendidikan di tingkat nasional, hal ini terus dibuktikan oleh ibu Gubernur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. yang akrab kita panggil dengan ibu. Khofifah, yang mana telah menorehkan prestasi sebelumnya sebagai menteri sosial.

Ujian Akhir yang digunakan sebagai penentu kelulusan Peserta Didik dalam menempuh pendidikan SMA selama 3 tahun ini, sesuai dengan namanya, ujian ini menggunakan sarana komputer atau smartphone dalam pengerjaannya. Setiap siswa telah dibekali akun login untuk masuk dan mengerjakan setiap soal yang mana adalah hasil olahan seluruh guru di Jawa Timur, baik itu dari perkumpulan MGMP atau perkumpulan pendidikan yang lain.

SMA Kristen Baithani Tutur sendiri bisa dibilang sudah siap untuk melaksanakan USP-BKS tahun 2020, hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan try out USP-BKS se Jawa Timur pada hari Senin, 03 Februari 2020. Yang kegiatannya dimulai dari Jam 08.00 WIB s.d 12.00 WIB. Dan Puji Tuhan acara Try Out kali ini kembali Baithani Tutur diberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga kegiatan Try out bisa selesai tepat pukul 12.00 WIB dengan keluarnya hasil penilaian try out yang telah peserta didik laksanakan.

Semoga untuk pelaksanaan kegiatan USP-BKS utama yang akan dilaksanakan 2 Maret – 11 Maret 2020 ini boleh berjalan dengan lancar, tidak ada halangan yang berarti, sehingga proses penilaian kelulusan siswa kelas 12 dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan peserta didik dapat lulus 100% dengan nilai yang memuaskan. “Semua tak luput dari Doa dan Perjuangan kalian sebagai siswa tentunya “, tandas ibu.Tutik Sujiati, S.Pd, sebagai Kepala SMA Kristen Baithani Tutur tahun pelajaran 2019-2020.