SMA Kristen Baithani Tutur kembali menampakan gigi taringnya diajang lomba yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di Tingkat Kabupaten Pasuruan. Kenapa begitu, karena SMA Kristen Baithani Tutur berhasil memborong perolehan Juara dalam setiap bidang yang dilombakan.

Bukan SMA Kristen Baithani Tutur namanya kalau tidak mempersiapkan segalanya dengan disiplin sampai dengan matang dan siap untuk mengambil buahnya. Karena sudah jauh-jauh hari, setelah mendengar ada kegiatan Lomba yang diadakan, dan kabar itu tersiar oleh Cabang Dinas Kabupaten Pasuruan. SMA Kristen Baithani Tutur langsung membentuk Tim Pembimbing dan Peserta lomba tersebut.

Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau disingkat FLS2N namanya, sebagai langkah awal SMA Kristen Baithani Tutur dalam mengikuti lomba ini adalah membuat pertemuan antara Pembimbing dan Siswa yang bertekad untuk mengikuti lomba, kegiatan ini diadakan tanggal 08 September 2020 bertempat di Lab. Komputer SMA Kristen Baithani Tutur.

Dalam kegiatan ini dibacakan dan ditelaah bersama apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan lomba tiap-tiap bidang. Adapun bidang yang dilombakan  dalam FLS2N tahun 2020 ini adalah Baca Puisi, Moonolog, Gitar Solo, Tari Kreasi, Vokal Solo, Desain Poster, Kriya, Film Pendek dan Komik Digital.

Dengan demikian diputuskan untuk pembimbing lomba ada Ibu Elok, Ibu Rully, Ibu Nuryanti, Bpk. Yosep, dan Peserta Lomba Jessica, Nanang, Daniel, Rubben, Hyolanda, Andia, Kesa. Dan kegiatanpun berjalan dengan sangat hikmat dan menghasilkan tekad yang bulat untuk mengikuti setiap bidang lomba yang diadakan.

FLS2N Tahun ini mengusung tema Berprestasi, Unggul dan Mendunia, dengan hashtag #jujuritujuara #berprestasidarirumah. Karena memang untuk pelaksanaan kegiatan lomba FLS2N tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan ada pandemi Covid-19, maka pembuatan dan penampilan hasil karya dilakukan sepenuhnya dari rumah.

Dengan demikian anak-anak sangat berkobar semangatnya untuk segera menyelesaikan setiap tugasnya, tapi tak jauh penting administrasi yang merupakan syarat utama harus dipenuhi terlebih dahulu. Salah satunya adalah Surat Keterangan Bebas Narkoba. Akhirnya ditemani oleh Bpk. Yusep selaku pembimbing lomba dan sekaligus Waka Humas SMA Kristen Baithani Tutur mengantar anak -anak Baithani ke Badan Narkotika Nasional di Kabupaten Pasuruan untuk dilakukan tes dan mendapat surat yang disyaratkan tersebut.

Proses pengambilan Videopun dilakukan, dalam hal ini P.Dedi dengan berbekal alat seadanya membantu anak-anak bidang Vokal Solo, Gitar Solo dan Monolog, dalam menghasilkan karyanya. Mungkin dikarenakan semangat yang begitu besar, maka waktupun tidak terasa bahwa pengambilan video berlangsung sampai larut malam. Ternyata hal ini juga terjadi pada sesi pengambilan video untuk bidang Tari Kreasi dan Baca Puisi.

Video hasil karya diupload pada laman yang telah ditentukan, Puji Tuhan SMA Kristen Baithani Tutur mempunyai sarana internet yang memadai, meskipun sampai larut malam, proses upload boleh terselesaikan. Dan juga dalam proses upload karya bidang tari dan baca puisi, dalam hal ini dibantu oleh Kesa Melanis dengan menggunakan handphonenya.

Sampai suatu pagi tepatnya tanggal 11 September 2020, tidak disangka-sangka bahwa ada suatu gambar yang telah tersebar berisi daftar nama siswa yang menjuarai lomba FLS2N tingkat Kabupaten. “Puji Tuhan Puji Tuhan” sembari meneteskan air mata bahagia, dan tak sadar telah lompat kesana kemari bahwa siswa-siswinya memenangkan lomba, tak cukup hanya itu, bahwa SMA Kristen Baithani Tutur berhasil memborong 5 Juara dari 7 peserta lomba yang dikirimkan. Dengan demikian prosentase tertinggi kemenangan lomba di tingkat Kabupaten Pasuruan dimiliki oleh SMA Kristen Baithani Tutur.

Berikut nama-nama pemenang lomba FLS2N tingkat Kabupaten,

  1. Daniel Eka Saputra (Juara 1) Gitar Solo
  2. Paulus Nanang Aprillino (Juara 3) Vokal Solo
  3. Rubben Christanto (Juara 2) Monolog
  4. Hyolanda Galungga HK (Juara 2) Tari Kreasi
  5. Andia Prameswari (Juara 3) Tari Kreasi

Tuhan turut beracara dalam semua kegiatan, Guru dan Siswa sangat sadar akan hal itu, dan mereka menjadikan hal tersebut sebagai suatu semangat yang tak terpatahkan untuk meraih kemenangan. Sukses selalu SMA Kristen Baithani Tutur.